Strategi Dini Honda Hadapi Regulasi MotoGP 2027, Tes Mesin 850cc Bakal Digelar Tertutup di Sepang

Sabtu 20-12-2025,11:00 WIB
Reporter : Prasuda Mega
Editor : T. Sucipto

MOTORACE.ID -- Post-season MotoGP biasanya identik dengan jeda musim dingin, tetapi tidak bagi departemen R&D Honda. Setelah KTM lebih dulu mengejutkan publik dengan motor prototipe 2027 di Jerez bersama Pol Espargaro, Honda HRC langsung merespons cepat. 

Berdasarkan informasi jurnalis Motorsport, German Garcia Casanova, Honda akan menjalani debut tes privat motor MotoGP spesifikasi 2027 di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Rabu dan Kamis pekan ini. 

Langkah ini menegaskan pendekatan agresif dan strategis Honda dalam menyambut regulasi baru.

Dalam tes privat dua hari tersebut, Honda menunjuk Takaaki Nakagami sebagai test rider utama untuk menjajal mesin baru berkapasitas 850cc. 

BACA JUGA:Drama Kontrak Jorge Martin di Aprilia Terbuka Lewat Dokumenter, Tawaran Honda Jadi Pemicu Ketegangan

BACA JUGA:Perubahan Regulasi ke 850cc Dinilai Menguntungkan bagi Pembalap Moto2 di Bursa MotoGP 2027


Tes Rider Honda Racing Corporation MotoGP, Takaaki Nakagami--Honda Racing Corporation

Regulasi MotoGP 2027 memang akan mengubah wajah kejuaraan secara signifikan, mulai dari penurunan kapasitas mesin dari 1000cc ke 850cc, pemangkasan aerodinamika, hingga pelarangan Ride Height Device. 

Motor yang diuji Nakagami diyakini sebagai cikal bakal Honda RC214V, meski masih berbentuk “Mule Bike”. 

“Motorsport memahami bahwa motor yang akan digunakan dalam tes adalah versi basis sasis 2026, namun dengan aerodinamika yang dikurangi, tanpa perangkat ride-height device, dan tentu saja dicangkokkan jantung pacu baru 850cc.”

Faktor penting lain dalam tes ini adalah penggunaan ban Pirelli, yang akan menggantikan Michelin mulai 2027. 

BACA JUGA:Yamaha Pilih Jakarta sebagai Lokasi Peluncuran Livery MotoGP 2026

BACA JUGA:Ayah Marc Marquez Soroti Talenta Diogo Moreira, LCR Honda Disebut Pegang Aset Masa Depan

Karakter ban baru ini dipastikan berdampak besar pada desain sasis dan distribusi bobot motor. Honda tidak ingin tertinggal dan langsung menerima tawaran Pirelli untuk melakukan uji awal, termasuk dukungan kompon dan teknisi. 

Hingga kini, hanya KTM dan Honda yang berani mencuri start, sementara pabrikan lain diperkirakan baru mulai bergerak pada Februari mendatang.

Kategori :