Ramai-Ramai Adu Teknologi di MotoGP 2021 Mugello, Wah Ada yang Baru di Motor Suzuki dan KTM?

Ramai-Ramai Adu Teknologi di MotoGP 2021 Mugello, Wah Ada yang Baru di Motor Suzuki dan KTM?


Adu teknologi di MotoGP 2021, bakal terlihat pada gelaran MotoGP di Mugello, Italia||MotoGP.com

MOTORACEID.COM - Soal teknologi pada motor MotoGP 2021 belakangan makin hangat menjadi pembicaraan publik.

Salah satunya, yang lagi rame adalah holeshot device pada motor-motor Ducati yang sudah diaplikasi beberapa waktu lalu.

Lantaran diaggap cukup efektif membantu para pembalap mendapat performa terbaiknya, teknologi ini pun mulai diterapkan pada tim pabrikan lain.

Seperti dikutip Motoraceid.com dari Motorexpertz.com, tampaknya sekarang pabrikan Ducati tak bisa egois lagi karena sebagian besar pabrikan lain juga mengikuti progres yang dilakukan mereka.

Secara mengejutkan, di hari pertama seri keenam MotoGP 2021 di Mugello, Italia, Suzuki, KTM dan Yamaha telah mengadopsi part baru yang terbukti vital dan bisa menyaingi Ducati di sirkuit ini.

Medan pertempuran teknologi terbesar di MotoGP, belakangan ini hadir dalam bentuk perangkat anyar berupa holeshot device.

Perangkat tersebut pertama kali diperkenalkan Ducati di penghujung MotoGP musim 2018 lalu, sob.

Awalnya sempat dikecam karena dinilai curang oleh para pabrikan lain.

Kecaman tersebut karena Ducati telah diduga menambah perangkat tersebut dalam rangkaian elektronik, yang notabene sangat dilarang.

Dalam sesi wawancara pada Kamis 27 Mei 2021, bos Ducati Corse, Gigi Dall'Igna menerangkan, bahwa holeshot device sama sekali tak terhubung dengan elektronik.

Seperti dibilang Gigi, "Tetapi perangkat ini dioperasikan secara mekanikal. Secara efek, kami hanya ingin meningkatkan akselerasi motor dengan menambah distribusi beban di kedua bagian depan dan belakang motor."

Selain itu, perangkat tersebut juga terbukti berhasil membuat ban depan tetap menapak di atas aspal alias minim terjadi wheelie.

Sepanjang musim 2019 hingga sekarang, holeshot device memang sangat membantu rider mendapatkan peningkatan kecepatan dari roda belakang.

Sumber: