Jack Miller Jelaskan Perbedaan Mesin Inline V4 di Yamaha M1 MotoGP

Jack Miller Jelaskan Perbedaan Mesin Inline V4 di Yamaha M1 MotoGP

Pembalap Pramac Yamaha MotoGP, Jack Miller--Yamaha

MOTORACE.ID -- Pebalap Pramac Yamaha, Jack Miller, memberikan pandangannya mengenai perbedaan karakter mesin inline 4 dan V4 yang menjadi sorotan menjelang era baru Yamaha M1

Miller menegaskan bahwa kedua konfigurasi mesin tersebut memiliki desain yang sangat berbeda, dan transisi ke mesin V4 diyakini akan membantu Yamaha mengatasi masalah utama yang mereka alami selama ini, yaitu kurangnya cengkeraman ban belakang. 

Perubahan ini menjadi penanda berakhirnya penggunaan mesin inline 4 yang telah menemani Yamaha sejak MotoGP modern dimulai pada 2002 dan sukses meraih delapan gelar dunia bersama Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, serta Fabio Quartararo pada 2021.

Namun, sejak pertengahan 2022, performa M1 bermesin inline 4 menurun drastis. Motor ini kesulitan bersaing, bahkan untuk sekadar meraih podium, terutama setelah rival-rival Eropa semakin kuat dengan mesin V4. 

BACA JUGA:Marc Marquez Tegaskan Tak Mungkin Hidup dengan Dendam, Rivalitas dengan Valentino Rossi Ditutup

BACA JUGA:Adenanta Putra Hanya Butuh Tahan Tekanan di Final ARRC 2025 untuk Kunci Gelar SS600


Pembalap Pramac Yamaha MotoGP, Jack Miller--Yamaha

“Kami punya motor solid di bagian depan, tidak terlalu banyak wheelie, dan jelas bisa berbelok dengan sangat baik,” ungkap Miller dikutip dari crash.net. 

Ia menambahkan bahwa karakter M1 yang menitikberatkan bobot di bagian depan memang membuat motor tersebut stabil, tetapi mengorbankan traksi roda belakang, terlebih setelah Michelin memperkenalkan generasi ban terbaru.

Miller menjelaskan bahwa dengan mesin inline 4, bobot motor cenderung menumpuk di depan, sehingga pengaturan distribusi berat sulit diubah. 

“Keempat silindernya ada di ban depan (dengan mesin inline), jadi di mana pun kamu mengubah posisi tangki bahan bakar, bobotnya akan tetap berada di depan,” jelas Miller. 

BACA JUGA:IMI Siapkan Regulasi Baru dan Program Pembinaan Pembalap Muda untuk Kalender Event 2026

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Live Streaming ARRC 2025 Seri 6 Thailand Akhir Pekan Ini

Di sisi lain, mesin V4 memungkinkan pembagian bobot yang lebih merata karena dua silindernya berada di depan dan dua di belakang. 

Tag
Share
Berita Lainnya