Ramai-Ramai Adu Teknologi di MotoGP 2021 Mugello, Wah Ada yang Baru di Motor Suzuki dan KTM?

Sabtu 29-05-2021,16:48 WIB
Reporter : Aswan
Editor : Aswan

+++++

Di musim 2020 lalu pabrikan lain mulai melirik perangkat tersebut dengan versi mereka sendiri.

Bahkan di musim ini holeshot device jauh lebih berkembang, di mana Ducati, Honda dan KTM memperkenalkan perangkat tersebut untuk bagian depan.

Sejatinya, untuk bagian depan ini sudah digunakan oleh Aprilia sebelumnya, dan musim ini Aprilia baru menggunakan versi holeshot bagian belakang, agak berbalik memang.

Meski terbilang lamban, akhirnya Yamaha baru menggunakan perangkat holeshot di Mugello saat ini untuk keempat pembalapnya.

Mereka membiarkan Fabio Quartararo dan Maverick Vinales kelimpungan untuk menyaingi kecepatan rider Ducati di awal-awal seri.

Perlu kita garis bawahi, keduanya telah meminta Yamaha untuk segera menggunakan perangkat tersebut sejak awal musim.

Setelah meraih tiga kemenangan beruntun di MotoGP Qatar dan MotoGP Portugal, dua seri selanjutnya sukses dimenangi Jack Miller dan konsistensi rider Ducati di barisan depan.

"Saya sangat senang, karena sejak GP Qatar lalu, setiap kali saya membuat hasil yang bagus atau posisi terdepan atau semacamnya, saya mendorong para insinyur Jepang [dengan mengatakan] 'itu yang paling penting, itu yang paling penting'," kata Quartararo, yang telah menjajal perangkat holeshot depan setelah berakhir keempat secara keseluruhan di hari pertama.

“Sekarang kami tidak punya alasan lagi. Tentu, kami perlu mengembangkannya lagi karena ini tes pertama kami, tapi kami sudah melihat peningkatan besar.

"Jadi, saya sangat senang, jadi saya pikir kita bahkan bisa membuat hal-hal yang lebih baik.

"Jadi saya merasa antusias untuk ke depannya, tapi saya ingin berterima kasih kepada Yamaha karena mereka bekerja keras dan saya pikir mereka sedikit berubah, lebih menyukai gaya baru dan saya sangat menyukainya dan mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa," terang Quartararo.

Yups, Quartararo sangat benar, dengan perkembangan teknologi di MotoGP, para pabrikan tak boleh hanya berdiam dan menunggu.

Seolah-olah Quartararo menginginkan Yamaha untuk lebih visioner dalam pengembangan motor, karena selama ini kemajuan teknologi selalu dipelopori oleh Ducati.

Vinales juga sangat antusias dengan perangkat tersebut, meski di hari pertama ini dia kedelapan secara keseluruhan.

Dia bilang butuh penyesuaian diri dengan perangkat tersebut lantaran perangkat ini fungsikan secara mekanikal.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler